TUGAS 1 SOFTSKILL, ETIKA PROFESI

  1. Tuliskan Karakter-karakter tidak beretika dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Berbicara kasar, karakter ini termasuk dalam karakter yang tidak beretika karena tidak baik untuk didengar oleh orang lain khususnya ditempat umum. Berbicara kasar dianggap tidak menghargai orang lain dan mengganggu kenyamanan orang sekitarnya karena bisa juga menimbulkan sakit hati dari orang yang mendengarnya.
  3. berbohong, karakter seseorang yang sejak awal sudah dikenal sebagai pembohong maka akan terus dikenal sebagai pembohong oleh orang lain. Orang yang sering berbohong tidak akan mudah mendapatkan kepercayaan dari orang sekitarnya karena dinilai merugikan diri sendiri dan orang lain.
  4. tidak menepati janji, kepercayaan tentunya adalah hal yang sangat penting di dalam suatu lingkungan. Jika seseorang tidak dapat menepati janji dinilai sebagai orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak menghargai atas apa yang telah diucapkannya.
  5. mencuri, atau suka mengambil milik orang lain. orang yang selalu mengambil barang yang bukan hak miliknya jelas merupakan salah satu karakter orang yang sangat tidak beretika dan melanggar norma yang ada.
  6. pemarah, seseorang yang berwatak pemarah atau sering sekali marah dan tidak bisa mengatur emosinya termasuk salah satu karakter yang tidak beretika di dalam kehidupan sehari-hari. Seorang yang pemarah di dalam suatu lingkungan dapat mempengaruhi orang lain yang berada di lingkungan tersebut untuk melakukan hal yang serupa.

 

  1. Tuliskan aktivitas tidak ber-etika professional dalam bekerja sebagai seorang sarjana Teknik Industri.
  2. Tidak bertanggung jawab, tugas yang diberikan oleh atasan dikerjakan dengan tidak serius, sikap tidak beretika professional ini menyebabkan terhambatnya suatu tujuan dari perusahaan dan merugikan rekan kerja lainnya.
  3. melanggar peraturan di dalam tempat bekerja, peraturan dibuat untuk dipatuhi bukan untuk dilanggar. Peraturan dibuat untuk para pekerja agar tidak menyimpang dari ketetapan dan pekerjaan menjadi lebih terstruktur. Tidak mentaati peraturan menunjukkan sikap tidak beretika professional di dalam bekerja.
  4. korupsi, sebagai seorang sarjana yang tentunya sebagai seorang yang berpendidikan korupsi tentu tidak lakukan karena itu termasuk aktivitas yang tidak beretika karena merugikan orang banyak.
  5. tidak dapat menjaga rahasia perusahaan, seorang sarjana yang professional tentu harus bisa memberikan kepercayaan kepada perusahaan dimana tempat dia bekerja. Segala informasi atau rahasia seharusnya bisa dijaga baik-baik dan tidak disebarluaskan kepada pihak lain.
  6. menghina, seseorang harus bisa menghargai hasil yang dibuat oleh orang lain. sebagai pekerja yang professional harus bisa menghargai pekerjaan orang lain karena dengan menghargai tentunya kita juga dapat menghargai.
  7. . Jelaskan pentingnya memahami etika profesi untuk Sarjana Teknik Industri!

Pembeda antara manusia dengan mahluk hidup yang lainnya dilihat dari etika sesorang oleh karena itu etika merupakan atribut pembeda. Manusia dikatakan sebagai mahluk yang memiliki sebuah derajat yang tinggi di dunia ini, salah satunya karena adanya etika. Seorang sarjana Teknik Industri memiliki kode etik yang telah disepakati oleh suatu organisasi.

Sarjana teknik industri memilki peranan etika yang sangat penting dalam profesi. Lulusan teknik indusri harus mampu menerapkan kode etik dalam dunia pekerjaan. Sehingga lulusan teknik industri memiliki sifat menghormati, menghargai, rasa tanggung jawab yang tinggi, disiplin, bersikap dan bertindak bijaksana .

 

  1. Jelaskan dan uraikan organisasi profesi yang relevan untuk Prodi Teknik Industri selain PII.
  2. IIE (Institute of Industrial and System Engineering)

Institute of Industrial Engineers (IIE) adalah lembaga profesional yang berdedikasi semata-mata untuk mendukung profesi teknik industri dan individu yang terlibat dengan meningkatkan kualitas dan produktivitas. Lembaga ini didirikan pada 1948 dan disebut American Institute of Industrial Engineers sampai 1981, ketika nama ini diubah untuk mencerminkan basis keanggotaan internasionalnya. Anggota termasuk mahasiswa baik dan kaum profesional. IIE menyelenggarakan konferensi regional dan nasional tahunan di Amerika Serikat. IIE bermarkas di Amerika Serikat di Norcross, Georgia, pinggiran yang terletak di timur laut Atlanta.

 

  1. ISTMI (Ikatan Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri Indonesia)

ISTMI sebagai organisasi profesi dari disiplin Ilmu Teknik Industri (TI) dan Manajemen Industri (MI) di Indonesia lahir pada tanggal 22 Nopember 1986 di Jakarta. Kelahiran organisasi ini didasari atas pertimbangan bahwa profesi TI dan MI telah diterima di kalangan yang sangat luas sejak masuknya disiplin sekitar 16 tahun sebelumnya. Keberadaannya sudah menembus batas-batas konvensional keteknikan atau keindustrian.

 

  1. BKSTI (Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri Indonesia)

Didirikan pada tanggal 9 Juli 1996 di Aula Barat ITB yang dihadiri oleh perwakilan lebih dari 100 perguruan tinggi. Tujuan pendirian BKSTI ini (lihat Anggaran Dasar BKSTI) adalah memantapkan dan meningkatkan mutu serta relevansi pendidikan tinggi Teknik Industri di Indonesia, menampung dan mencari penyelesaian permasalahan dalam peyelenggaraan pendidikan tinggi Teknik Industri, mengakomodasikan kerjasama antar anggota BKSTI dalam kegiatan pertukaran informasi dan penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta menjadi mitra Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan stakeholderlainnya dalam bidang pendidikan tinggi Teknik Industri

http://melinmelinda49.blogspot.co.id/2016/03/tugas-pertama-etika-profesi.html

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s