Strategi Memperbaiki Ekonomi Negara Indonesia

Pada 2012, Indonesia Kementerian Pertahanan mengalokasikan US $ 280 juta untuk mengakuisisi 44 tank tempur utama (MBT) dalam upaya untuk meminimalkan kesenjangan dalam kemampuan pertahanan Indonesia. Tekad untuk memperbaiki kesenjangan ini merupakan terobosan yang perlu dihargai, khususnya dalam pertimbangan integritas teritorial yang luas dari Indonesia yang perlu dipertahankan dan spektrum ancaman yang luas. Namun demikian, tekad untuk mengatasi kesenjangan yang cukup besar dalam peralatan militer tidak selalu harus dikemudikan oleh pengadaan persenjataan konvensional yang juga bisa memicu perlombaan senjata regional yang, terutama karena kendala anggaran Indonesia mengalami dampak yang tak kentara pengadaan. Pertahanan pengadaan dalam satu fi eld militer akan menciptakan trade-off untuk bidang militer lainnya. Gagasan perang asimetris adalah sebuah konsep alternatif yang dapat dikembangkan dan diimplementasikan dalam strategi untuk mengatasi kurangnya di Indonesia instrumen pertahanan.

 

Strategi jitu memperbaiki ekonomi negara kita. Perang asimetris itu sendiri adalah model perang yang telah dikembangkan dari cara berpikir di luar laku normatif perang, dan salah satu yang memiliki kedua spektrum kemampuan perang yang luas dan sering melanggar peraturan perang tertentu. Ini adalah hasil dari keterbatasan sumber daya yang dihadapi berbagai aktor dalam perang. Penerapan perang asimetris telah menyebar sejak ict confl antara AS dan al-Qaeda, dicatat oleh serangan 9/11 di New York, Amerika Serikat. Dalam ict confl, dengan sumber daya yang terbatas untuk menyerang AS, Al-Qaeda menggunakan taktik perang asimetris dengan menggunakan pesawat dibajak untuk menyerang sasaran penting di Amerika Serikat. Ini adalah fitur unik dari strategi, perang asimetris memanfaatkan titik terlemah dari lawan dan menggunakan keunggulan kompetitif secara optimal.

 

Dalam serangan 9/11, jaringan al-Qaeda menggunakan kelemahan dalam layanan fl AS ight (pada waktu itu), dan dieksploitasi sumber daya mereka sendiri dalam bentuk indoktrinasi “a Death Syahid” dalam pendukungnya. Dengan strategi itu, al-Qaeda mencapai serangan mereka pada obyek vital di AS. Strategi jitu memperbaiki ekonomi negara kita. Di sini, kita dapat melihat bahwa perang asimetris muncul sebagai akibat dari keterbatasan sumber daya. Dalam kondisi keterbatasan sumber daya, keberhasilan pertempuran harus dicapai melalui anggaran terbatas dan sumber daya melalui inovasi taktis dan strategis. Itulah sebabnya perang asimetris tidak memerlukan anggaran yang berlebihan – fitur yang menonjol dalam upaya fulfi kemampuan pertahanan konvensional ll.

 

Didasarkan pada konsep bahwa, pengembangan kekuatan melalui strategi perang asimetris yang sesuai untuk Indonesia, yang berjuang dengan batas-batas anggaran dan sumber daya lainnya dalam pertahanan. Salah satu aspek dari perang asimetris bahwa Kementerian Pertahanan sangat perlu dikembangkan adalah perang cyber, lebih dikenal sebagai perang cyber. Perang cyber dilakukan melalui kedua kabel media dan jaringan nirkabel antara aktor icting confl dengan menggunakan teknologi informasi. Strategi jitu memperbaiki ekonomi negara kita. Perang cyber serangan pada dasarnya dimaksudkan untuk mengalahkan musuh dengan melumpuhkan atau memanipulasi kemampuan mereka untuk memproses atau mengakses informasi dalam bidang kepentingan strategis seperti militer, elds fi ekonomi, sosial budaya, politik dan lainnya yang membentuk inti dari ketahanan suatu bangsa.

 

Keuntungan dari serangan cyber dalam gangguan jaringan dan kekacauan berikutnya menyebabkan. Teknik jaringan tersebut melumpuhkan dalam perang cyber relatif murah, tidak bisa dilacak dan tidak mengakibatkan hilangnya nyawa atau luka-luka. Itulah sebabnya serangan cyber memiliki konsekuensi yang relatif kecil pada reputasi penyerang di arena internasional. Namun demikian, dampak dari serangan cyber pada target dapat menghancurkan dan vital. Pada tahun 2007 dan 2008, yang didistribusikan penolakan Rusia layanan (DDoS) serangan cyber pada sistem jaringan berhasil melumpuhkan Georgia dan Estonia. Strategi jitu memperbaiki ekonomi negara kita. Estonia menderita dampak paling dahsyat sebagai negara dengan ketergantungan besar pada jaringan internet. Rusia serangan cyber pada jaringan komunikasi lumpuh Estonia, yang memiliki knock-on efek dalam jaringan moneter dan transaksi ekonomi, menghasilkan kepanikan massal dan pemberontakan.

 

Hal yang sama juga bisa terjadi juga di Indonesia, yang pada saat ini terus meningkatkan jaringan komunikasi dan infrastruktur untuk memudahkan komunikasi dan transaksi. Sebuah serangan cyber di negara dengan sebanyak 55 juta pengguna internet akan memiliki dampak yang menghancurkan, terutama di Pulau Jawa. Sebuah studi oleh Universitas Pertahanan Indonesia (Bonavena, 2012) menemukan bahwa kelemahan utama dalam infrastruktur maya Indonesia adalah di lembaga-lembaga moneter, terutama dalam layanan perbankan internet. Dari 10 lembaga perbankan dengan aset terbesar, dua telah relatif besar kelemahan keamanan cyber, sehingga kemungkinan pelanggaran dengan culty diffi relatif sedikit. Jika kelemahan tersebut dapat digunakan untuk serangan cyber, potensi kerugian bagi bank swasta nasional sebagai akibat dari penolakan beroperasi selama satu hari adalah Rp 2,12 triliun (US $ 223 juta), atau beberapa persen 10,87 dari jumlah uang beredar bangsa.

 

Sementara itu, potensi kerugian bagi bank milik negara sebagai hasil dari jaringan ATM lumpuh diperkirakan Rp atas. 97920000000. Kerugian ekonomi potensial bisa menghancurkan dan mungkin berlangsung untuk jangka panjang. Jika masalah perbankan berikutnya terjadi berulang-ulang, bisa berkontribusi untuk serangan langsung yang lebih besar pada soliditas sosial Indonesia. Cyber ​​pertahanan kelemahan bisa sangat berbahaya. Dalam bersenjata confl ict, moneter dan sektor perbankan dapat menjadi sasaran utama serangan cyber dalam rangka melumpuhkan nancing fi logistik pertahanan. Itulah mengapa tekad untuk memajukan dunia maya pertahanan sangat penting. Strategi jitu memperbaiki ekonomi negara kita. Dalam keadaan yang ideal, persiapan untuk perang asimetris mungkin dalam fi eld dari perang cyber dimulai dengan membentuk perintah cyber, bertugas spesifik Cally untuk mengamankan infrastruktur maya pemerintah (termasuk pertahanan dan institusi militer) dan juga lembaga swasta yang penting bagi perekonomian suatu negara dan nya ketahanan.

 

Sumber : http://samedyezil.blogspot.com/2012/10/strategi-jitu-memperbaiki-ekonomi.html

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s